Saturday, May 27, 2017

Tips Membuat Komposisi Warna Dalam Desain

Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis merupakan bagian dari pengalaman indera pengelihatan. Secara obyektif atau fisik, warna dapat diberikan oleh panjang gelombang. Dilihat dari panjang gelombang, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang elektromagnetik.




Dalam dunia desain grafis, warna merupakan elemen yang sangat penting. Selain sebagai estetika, warna dalam desain juga digunakan sebagai alat/sarana/media komunikasi, oleh karena itu warna memiliki arti dan filosofinya warna tersendiri.


Meskipun memilih warna itu adalah hal pribadi dari masing-masing desainer, tapi ada beberapa petunjuk yang bisa dijadikan titik awal untuk berekplorasi lebih jauh.  Silakan bereksperimen dengan warna-warna lain yang ‘out of the box’ namun tetap berdasar pada estetika visual yang baik dan menarik bagi audiens.

Beberapa skema atau komposisi warna yang dapat dibuat berdasarkan roda warna, yaitu :

MONOKROTMATIK

Monokromatic adalah hasil warna yang kita pilih dengan pencampuran warna hitam. Warna yang berbeda yang dihasilkan tergantung oleh seberapa banyak campuran warna hitam pada warna tersebut. Semakin banyak warna hitam, maka warna sekunder akan semakin gelap.


ANALOGOUS
Teori analogous adalah teori dengan mengambil warna yang terdekat dengan warna yang kita pilih pada roda warna. Misalnya warna ungu dengan warna nila, warna merah dengan jingga, dll.

TRIAD KOMPLEMENT
Semua bentuk segitiga sama sisi yang dapat dibuat dalam lingkaran warna, misalnya merah – biru – kuning atau jingga – hijau – ungu adalah jenis kontras tiga warna.

KOMPLEMENTER
Dua warna yang saling berhadapan dalam lingkaran warna disebut komplementer. Dua warna ini adalah warna-warna yang paling kontras, karena memiliki jarak paling jauhdalam lingkaran warna sehingga merupakan warna yang bertentangan.

NETRAL
Warna netral adalah warna yang tidak ada pada urutan roda warna. Warna ini diantaranya coklat, abu-abu, hita,, putih, dll.

2 comments:

  1. Bagusab teknik yang mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya bagus gan, asalkan kita tahu mana warna yang pas untuk dikombinasikan dan yang mana warna yang tidak cocok untuk dikombinasikan

      Delete