Saturday, November 25, 2017

Ciri dan Karakteristik Flat Design

Flat design atau dalam Bahasa Indonesia 'Desain Datar' merupakan sebuah desain yang sederhana, apa adanya namun tetap terlihat modern dan elegn. Flat design merupakan sebuah desain yang terkenal sekitar tahun 2013 s/d sekarang. Desain ini biasa digunakan untuk perusahaan berbasis teknologi, software developer, web developer, ui/ux design, tempat wisata, dll. Flat design pertama kali dikenalkan dengan gaya Swiss Design Style dan minimalist artistik. Definisi flat design adalah dengan tampilan minimalis dengan cara menghilangkan efek 3D seperti shadow (bayangan), gradient (gradasi), texture (tekstur) dan sejenis lainya.



Berikut ini ciri dan karakteristik flat design :
WARNA YANG DINAMIS
Sudah seharusnya jika flat design atau desain datar menggunakan warna-warna yang dinamis alias warna cerah. Karena ini bermaksud untuk mentitik fokuskan pada sebuah objek, dengan kata lain untuk menyampaikan pesan dan kesan di dalam desain tersebut. Warna-warna dinamis bisa didapatkan dari pallete warna atau dengan menggunakan 'Teori Warna' dengan patokan roda warna. Penggunaan warna tersebut bisa menggunakan split complement, anologous, monocromatik, dll. Untuk lebih jelasnya baca di Membuat Komposisi Warna dalam Desain.

MINIMALIS
Minimalis yang maksudnya hanya dengan menggunakan beberapa ilustrasi saja, tapi memiliki makna yang sangat luas. Untuk karakteristik minimalis, biasanya banyak digunakan pada sebuah teknologi ui/ux design, web design, dll. Penggunaanya biasanya hanya menggunakan icon-icon yang terlihat modern dan elegan. Meskipun desain minimalis terlihat sangat mudah dan sederhana, tetapi pada kenyataanya untuk menerapkanya cukup sulit karena dengan gaya minimalist, harus bisa menyampaikan pesan yang dimaksud.

TIPOGRAFI YANG SANGAT SEDERHANA
Agar flat design terlihat minimalis, jadi menggunakan typografi yang sangat sederhana. Desainer biasanya hanya memasukan pesan inti nya saja dalam bentuk tulisan, selebihnya dalam ilustrasi yang dimasukan dalam flat design tersebut.

0 komentar:

Post a Comment