Thursday, January 14, 2016

Mengidentifkasi Anatomi dan Cara Kerja Form

1.    Definisi Umum dan Fungsi Form

Form merupakan salah satu bentuk halaman web yang digunakan untuk menerima masukan dari pengguna, untuk selanjutnya masukan dari pengguna tersebut diolah menggunakan bahasa pemrograman web, baik secara server side scripting(misalkan PHP, JSP) ataupun client-side scripting (javascript).

Form dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti keperluan login, transaksi penjualan, mengumpulkan informasi atau meminta umpan balik dari pengguna, menawarkan barang/jasa secara on-line dan sebagainya.


2.    Anatomi Dari Sebuah Form
Standard atau format umum penulisan dari form adalah sebagai berikut :
<form metode=”post/get” action=”...”>
....
....
....
....
</form>


Berikut ini adalah beberapa variasi yang dapat diterapkan pada atribut<form> :



<FORM ACTION=action base> form tags </FORM>

<FORM METHOD=method> form tags </FORM>
<FORM ENCTYPE=media type> form tags </FORM>
<FORM ACTION=action base TARGET="target window name"> form tags </form>
<form srcipt=”url”> Form Tags </form>


Di antara elemen <form> dan </form> digunakan elemen – elemen HTML <input> yang berfungsi untuk mendefinisikan input yang akan dimasukkan oleh pengguna. Elemen <input> terdiri dari :


  • Name
  • Size
  • Type
  • Value

3.    Cara Kerja Form
Cara kerja form dapat diringkas sebagai berikut : klien mengirim permintaan ke server, menggunakan protokol HTTP . Lalu server menjawab permintaan dari form dengan menggunakan protokol yang sama.


a.     Sisi Klien

Server akan memproses data dan kemudian mengirim respon kepada pengguna. Disisi klien memastikan data mana yang dkirim melalui elemen form. Di sisi klien, HTML untuk mengkonfigurasi permintaan HTTP untuk mengirim data ke server.
Atribut yang sangat peran saat pengiriman data adalah action dan method.

  •   Atribut Action
Atribut ini mendefinisikan mana data akan dikirim . Nilainya harus merupakan URL yang valid . Jika atribut ini tidak menyediakan , data akan dikirim ke URL halaman ini berisi formulir.

  • Atribut Method
Atribut metode untuk pengiriman data menggunakan post dan get. Atribut ini mendefinisikan bagaimana data kirim . Protokol HTTP menyediakan beberapa cara untuk melakukan permintaan , data bentuk HTML dapat dikirim melalui setidaknya dua dari mereka : metode GET dan metode POST . Permintaan HTTP terdiri dari dua bagian : sebuah header yang berisi sekumpulan metadata global mengenai kemampuan browser , dan body yang dapat berisi informasi yang diperlukan ke server untuk memproses permintaan khusus..


1. Methode GET

Metode GET adalah metode yang digunakan oleh browser untuk meminta server untuk mengirim kembali resource yang diberikan.


2. Methode Post

Metode POST sedikit berbeda , POST mengirimkan server untuk meminta respon yang memperhitungkan data yang tersedia dalam request. HTTP.


b. Sisi Server

Apapun metode HTTP yang digunakan (get atau post), server menerima string yang akan di order untuk mendapatkan data list sebagai key atau nilai pasangan. Cara mengakses list/daftar tergantung pada platform pengembangan yang digunakan.


4.    Elemen Form HTML

Form HTML digunakan untuk memilih pelbagai macam inputan yang disediakan. Data bisa diinputan dalam bentuk input teks , pilihan radio button, check box dan lain sebagainya. Bentuk inputan tersebut dikemas elemen dalam tag-tag form. Berikut adalah elemen-elemen yang disediakan oleh html :  <form>, <input>,<texarea>, <label>, <fieldset>, <legend>, <select>, <optgroup>, <option>, <button>, <datalist>, <keygen>, <output>.


0 komentar:

Post a Comment