Saturday, January 23, 2016

Menyajikan Hasil Pemformatan Form pada Sebuah Halaman Web

1.  Format umum formulir
<Form> merupakan formulir yang digunakan sebagai perantara untuk memasukan data inputan ke server. Form pada HTML dibuat dengan menggunakan elemen form. Elemen form harus membungkus seluruh elemen-elemen masukan form lain untuk memastikan masukan informasi pengguna dapat dibaca oleh aplikasi web.
Setiap elemen form dalam suatu halaman web harus memiliki atribut name, yang digunakan sebagai pengenal dari nama elemen tersebut. Setiap data yang dimasukkan ke dalam elemen form, akan dikirimkan kepada server.
Browser web akan mengirimkan data dari form ke server dengan mengacu kepada name dari elemen. Browser akan mengambil semua data dari elemen input yang memiliki atribut name. Jika suatu input tidak memiliki name, maka data yang ada dalam elemen input tersebut tidak dikirimkan kepada server.
Tag <form> digunakan untuk membuat form dalam document HTML. Penulisan format umum penulisan dari form adalah sebagai berikut :


<Form atribut=”atribut”> 
……
……
……
</form> 

Terlihat pada format umum formulir diatas, bahwa penulisan form dilengkapi dengan atribut. Beberapa atribut yang dimiliki oleh tag <form> adalah :
  • Accept
  • Accept-charset
  • Action
  • Autocomplete
  • Enctype
  • Method
  • Name
  • Novalidate
  • Target
1.     Format formulir secara horizontal
Untuk membuat \dari sebuah form menjadi lebih tertata dengan rapi, umumnya digunakan elemen HTML <table> untuk memformat form tersebut. Secara umum layout dari form adalah layout horizontal, yakni layout dimana setiap input ditempatkan di samping dari label keterangan masing- masing input tersebut.

1.     Format Formulir Secara Vertikal
Sejalan dengan perkembangan teknologi seluler, halaman web yang berbasis seluler tentunya sebuah halaman web di dalam perangkat seluler akan memerlukan form di dalam menerima input dari pengguna. Untuk menyesuaikan dengan lebar layar dari perangkat seluler, misalkan handphone ataupun ipad, maka layout dari sebuah halaman web harus disesuaikan, termasuk juga untuk layout dari sebuah form. Umumnya apabila sebuah form akan digunakan pada aplikasi seluler, layout yang diterapkan adalah layout secara vertikal, sesuai dengan karakteristik layar yang tidak terlalu besar.

0 komentar:

Post a Comment